You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Informasi Desa Bunter

Kec. Sukadana, Kab. Ciamis, Prov. Jawa Barat

Piagam Penghargaan Kepada Juru Kunci Makam Desa Bunter


Piagam Penghargaan Kepada Juru Kunci Makam Desa Bunter

Kepala Desa Bunter memberikan piagam penghargaan kepada juru kunci makam yang ada di Desa Bunter.

“Ini sebagai salah satu bentuk kecil apresiasi dan penghargaan kepada para juru kunci makam yang selama ini telah berjasa merawat dan melestarikan makam para leluhur atau sesepuh di Desa Bunter,” kata Kepala Desa Bunter, Drs. H. RACHWAN, M.Si.

Menurut Drs. H. RACHWAN, M.Si, tidak mudah menjadi seorang juru kunci karena merupakan sosok pilihan atau bisa dari turun temurun dan tidak semua orang bisa menjalaninya. Karena juru kunci dianggap bisa menjadi mediator bagi para peziarah yang datang berkunjung.

“Meski kadang imbal balik yang didapat belum tentu sepadan, namun panjenengan semua tetap mengabdi dengan ikhlas dan penuh rasa tanggungjawab terhadap obyek yang dijaga,” imbuh Drs. H. RACHWAN, M.Si.

Semua itu dijalani sebagai sebuah amanah untuk menjaga, merawat serta memelihara dengan sepenuh hati. Tak hanya itu, namun keamanan lingkungan, kebersihan dan juga keaslian  tetap terjaga dari tangan-tangan jahil.

“Sepanjang hidup didedikasikan untuk menjaga sejarah religi, budaya, tradisi serta warisan sacral yang ada telah sejak dahulu kala. Bisa dibayangkan jika tidak ada juru kunci makam, maka generasi sekarang tidak akan mengenal sejarah situs budaya dan religi. Untuk itu, Pemkab Jepara menyampaikan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya,” jelas Drs. H. RACHWAN, M.Si.

Lebih lanjut Pak Kades meminta kepada para juru kunci untuk bisa mengingatkan dan mengawasi serta memberikan pemahaman kepada para peziarah untuk tetap berdisiplin mematuhi protocol kesehatan, sebab pandemi belum usai.

Bagikan artikel ini:
Komentar